Muatan Nilai
Sikap dan Keterampilan dalam Kurikulum 2013
Sesuai
dengan landasan filosofis dan kerangka dasarnya, Kurikulum 2013, memiliki
karakteristik mengandung muatan sikap spiritual, sikap sosial, dan keterampilan
yang sangat signifikan. Muatan sikap dan keterampilan dikemas secara generik
dalam KI-1, KI-2, dan KI-4. Masing-masing Muatan Sikap dan Keterampilan dalam
Kurikulum 2013 adalah: 1) Beriman, 2) Kebhinneka-tunggalikaan, 3) Toleransi, 4)
Kebersamaan, 5) Syukur, 6) Disiplin, 7) Tanggung-jawab, 8) Percaya diri, 9)
Berani, 10) Cinta tanah air, 11) Pemaaf, 12) Jujur, 13) Ksatria, 14) Rela
berkorban, 15) Teladan, 16) Sadar kewajiban dan hak, 17) Demokratis, 18) Cakap,
19) Peduli, 20) Santun Kritis, 21) Sopan, 22) Cekatan, 23) Peka, 24) Tanggap, 25)
Komunikatif, 26) Mandiri, 27) Cermat, 28) Taat aturan, 29) Rasa ingin tahu, 30)
Pantang menyerah, 31) Berpikir logis, 32) Kreatif, 33) Inovatif, 34) Produktif,
35) Menghargai, 36) Ilmiah, 37) Tekun, 38) Hati-hati, 39) Terbuka, 40)
Bijaksana, 41) Bersahaja, 42) Rasa kebangsaan, 43) Estetis, 44) Gotong-royong,
45) Partisipatif, 46) Imajinatif, 47) Citra diri, 48) Sadar bahaya, 49)
Kerjasama, 50) Sadar, 51) Berbagi, 52) Sportif, dan 53) Cinta tradisi.
Muatan Nilai
Sikap dan Kecakapan Pendidikan Kepramukaan
Muatan Nilai
Sikap dan Kecakapan Pendidikan Kepramukaan yang terkandung dan dikembangkan
dalam Syarat Kecakapan Umum (SKU) adalah: 1) Keimanan kepada Tuhan YME, 2)
Ketakwaan kepada Tuhan YME, 3) Kecintaan pada alam, 4) Kecintaan kepada sesama
manusia, 5) Kecintaan kepada tanah air Indonesia, 6) Kecintaan kepada bangsa
Indonesia, 7) Kedisiplinan, 8) Keberanian, 9) Kesetiaan, 10) Tolong menolong
Bertanggungjawab, 11) Dapat dipercaya, 12) Jernih dalam berpikir, 13) Jernih
dalam berkata, 14) Jernih dalam berbuat, 15) Hemat, 16) Cermat, 17) Bersahaja,
18) Rajin, dan 19) Terampil.
POLA,
RINCIAN KEGIATAN, METODA, DAN TEKNIK PENERAPAN
Pola
Kegiatan Pendidikan Kepramukaan
Pola
kegiatan pendidikan kepramukaan adalah sebagai berikut:
- Upacara pembukaan dan penutupan : (Perindukan Siaga, Pasukan Penggalang, dan Ambalan Penegak).
- Keterampilan Kepramukaan (Scouting Skill) : Simpul dan Ikatan (Pioneering), Mendaki Gunung (Mountenering), Peta dan Kompas (Orientering), Berkemah (Camping), Wirausaha, Belanegara, Teknologi, dan Komunikasi.
Catatan:
Disesuaikan dengan kondisi di sekolah masing-masing.
Rincian
Kegiatan Kepramukaan
Rincian
kegiatan kepramukaan meliputi : Berbaris, Memimpin, Berdoa, Janji, Memberi
hormat, Pengarahan, Refleksi, Dinamika kelompok, Permainan, Menghargai teman,
Berkomunikasi, Menolong, Berempati, Bersikap adil, Cakap berbicara, Cakap
motorik, Kepemimpinan, Konsentrasi, Sportivitas, Simpul dan ikatan, Tanda
jejak, Sandi dan isyarat, Jelajah, Peta, Kompas, Memasak, Tenda, PPGD, KIM,
Menaksir, Halang rintang, TTG, akti, Lomba, dan Hastakarya.
Metoda
Penerapan Pendidikan Kepramukaan
Metode
Pendidikan Kepramukaan mencakup: 1) Pengenalan dan pengamalan kode kehormatan
Pramuka, 2) Belajar sambil melakukan (Learning by Doing), 3) Sistem kelompok
(beregu), 4) Kegiatan di alam terbuka yg mengandung pendidikan yg sesuai dengan
perkembangan rohani dan jasmani peserta didik, 5) Kemitraan dengan anggota
Dewasa, 6) Sistem tanda kecakapan, 7) Sistem satuan terpisah putra dan putri,
dan 8) Kiasan dasar.
Metoda dan
Teknik Penerapan Pendidikan Kepramukaan
Teknik
Penerapan Pendidikan Kepramukaan mencakup: 1) Praktik Langsung, 2) Permainan,
3) Perjalanan, 4) Diskusi, 5) Produktif, 6) Lagu, 7) Gerak, 8) Widya Wisata, 9)
Simulasi, dan 10) Napak Tilas.
PROSEDUR
PELAKSANAAN
Prosedur
Pelaksanaan Model Blok Kurikulum 2013 Pendidikan Kepramukaan sebagai
Ekstrakurikuler Wajib.
- Peserta Didik dibagi dalam beberapa kelompok, setiap kelompok didampingi oleh seorang Pembina Pramuka dan atau Pembantu Pembina.
- Pembina Pramuka melaksanakan Kegiatan Orientasi Pendidikan Kepramukaan.
- Guru kelas/Guru Mata Pelajaran yang bukan Pembina Pramuka membantu pelaksanaan kegiatan.
Orientasi
Pendidikan Kepramukaan.
Prosedur
Pelaksanaan Model Aktualisasi Kurikulum 2013 Pendidikan Kepramukaan sebagai
Ekstrakurikuler Wajib
- Guru kelas/Guru Mata Pelajaran mengidentifikasi muatan-muatan pembelajaran yang dapat diaktualisasikan di dalam kegiatan Kepramukaan.
- Guru menyerahkan hasil identifikasi muatan-muatan pembelajaran kepada Pembina Pramuka untuk dapat diaktualisasikan dalam kegiatan Kepramukaan.
- Setelah pelaksanaan kegiatan Kepramukaan, Pembina Pramuka menyampaikan hasil kegiatan kepada Guru kelas/Guru Mata Pelajaran.
PENILAIAN
Penilaian
Pendidikan Kepramukaan mencakup hal-hal sebagai berikut:
- Penilaian dilakukan secara kualitatif.
- Kriteria keberhasilan lebih ditentukan oleh proses dan keikutsertaan peserta didik.
- Peserta didik diwajibkan untuk mendapatkan nilai minimal baik pada kegiatan ekstrakurikuler wajib pada setiap semester.
- Nilai yang diperoleh pada kegiatan Pendidikan Kepramukaan sebagai Ekstrakurikuler Wajib berpengaruh terhadap kenaikan kelas peserta didik.
- Bagi peserta didik yang belum mencapai nilai minimal perlu mendapat bimbingan terus menerus untuk mencapai nilai baik.
Teknik Penilaian
- a. Teknik penilaian sikap dilakukan melalui observasi, penilaian diri, dan penilaian antarpeserta didik.
- b. Teknik penilaian keterampilan dilakukan melalui demonstrasi keterampilannya.
Media
Penilaian
- a. Jurnal/buku harian.
- b. Portofolio.
Proses penilaian
- Proses penilaian dilaksanakan setiap kali latihan dan setiap hari di dalam proses pembelajaran.
- Proses penilaian Pendidikan Kepramukaan sebagai Ekstrakurikuler Wajib menitikberatkan pada ranah nilai sikap. Keterampilan kepramukaan merupakan pendukung terhadap penilaian pendidikan kepramukaan itu sendiri.
- Proses penilaian sikap dilaksanakan dengan metode observasi.
- Proses penilaian Keterampilan Kepramukaan disesuaikan dengan Kompetensi Dasar dari masing-masing Tema dan Matapelajaran sebagai penguatan yang bermuatan Nilai Sikap dan Keterampilan dalam Kurikulum 2013.
- Proses Penilaian dilakukan oleh Teman, Guru Kelas/Guru Mata pelajaran, pemangku kepentingan dan/atau Pembina Pramuka.
- Rekapitulasi Penilaian dilakukan oleh Guru Kelas/Guru Mata pelajaran selaku Pembina Pramuka.
MUATAN NILAI DALAM KEPRAMUKAAN
Reviewed by Unknown
on
10.32
Rating:
Tidak ada komentar: