I. PENDAHULUAN
1. Perkembangan
keadaan global saat ini sedang berubah kearah pemeliharaan lingkungan hidup
karena disadari bahwa keseimbangan dalam alam ternyata guncang. Pemeliharaaan lingkungan hidup atau
memelihara memerlukan hasil usaha dan kegiatan yang bernilai materiil. Berdasarkan pertimbangan-pertimbangan
tersebut di atas Gerakan Pramuka segera
tanggap terhadap perkembangan dan perubahan global termaksud.
2. Pendidikan
dalam Gerakan Pramuka merupakan proses pendidikan di luar lingkungan sekolah
dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan,
teratur, terarah, praktis, yang dilakukan di alam terbuka dengan menggunakan
Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan yang sasaran akhirnya
pembentukan watak.
3. Faktor-faktor
penting dalam kepramukaan ialah peserta didik, pembina, program, Prinsip Dasar
Kepramukaan, metode kepramukaan, sarana-prasarana dan alam terbuka serta
masyarakat (sebagai faktor pendukung yang paling penting).
II. MATERI
POKOK
1. Kegiatan
di alam terbuka sebagai salah satu unsur metode kepramukaan merupakan cara yang
efektif dalam pembentukan watak dan kepribadian, pemantapan
mental/spiritual/moral, fisik, intelektual, emosional dan sosial, peserta didik
sebagai induvidu dan sebagai anggota masyarakat.
2. Karena itu kegiatan kepramukaan
seharusnyalah dilaksanakan di alam terbuka.
3. Penjabaran
tentang pengertian alam terbuka.
a. Yang
dimaksud alam (nature) seisinya adalah hutan/rimba, gunung/pegunungan, bukit,
sungai, padang rumput, padang pasir, lautan, pulau, berbagai
tumbuh-tumbuhan, dan binatang, dll.
Alam
terbuka bukan hanya sekedar halaman sebelah rumah, dan tempat bermain yang di sekitarnya
berdiri gedung-gedung, dan suasana kota
yang ramai.
b. Alam seisinya dilihat dari sudut pendidikan
merupakan referensi yang sangat sarat dan kaya dengan materi pendidikan. Karena itu Baden Powell menyebutnya sebagai
buku alam (Nature Book) ciptaan Tuhan yang bernilai tinggi, harganya murah,
praktis, tidak ada tamatnya, tidak ada mula dan akhirnya bagi pendidikan dan
kehidupan manusia.
c. Alam itu penuh dengan berbagai kemungkinan
yang sangat bermanfaat bagi pembinaan totalitas peserta didik
melalui berbagai macam kegiatan, dalam alam, dingin, panas, hujan, angin,
basah, kering, gelap, terang merupakan sesuatu yang tidak dapat dihindari
seseorang tetapi seseorang harus
berusaha menyesuaikan diri dan berusaha mengatasi rintangan, inilah
tantangannya.
.
4. Hidup dan melakukan kegiatan di alam terbuka dalam bentuk
aktivitas mental dan pisik yang menantang, antara lain: penelitian, observasi,
penjelajahan (hiking, pionering, climbing,
rowing, sailing, orientering, surviving, diving, camping, painting,
riding/driving, travelling, planting, etc), ekspedisi, dll, yang mendorong
peserta didik untuk selalu waspada dan mawas diri (introspeksi) sehingga
menyadari tentang diri pribadinya yang berkaitan dengan pengamalan Satya dan
Darma Pramuka, melalui Prinsip Dasar Kepramukaan dan Kode Kehormatan Pramuka.
5. Resiko yang harus diperhitungkan untuk hidup di alam
terbuka. Salah satu kekhawatiran bagi orang tua anggota Pramuka adalah
banyaknya kecelakaan yang terjadi ketika diselenggarakannya kegiatan di alam
terbuka. Oleh karena itu Pembina harus mengkondisikan sedemikian rupa sehingga
tidak terjadi hal-hal yang tidak diharapkan, melalui program kegiatan yang
matang, dengan beberapa tahap. (1) Persiapan:
Pembina harus telah mensurvai medan yang akan digunakan untuk berlatih di alam
terbuka, sambil mempertimbangkan nilai apa yang akan diperoleh dalam kegiatan
tersebut. Kemudian memperhitungkan
resiko yang dimungkinkan timbul dalam kegiatan, sehingga dapat memutuskan
tindakan dan sarana pengamanan telah disiapkan. (2) Menjelang kegiatan: Pembina mengumumkan kegiatan dan barang
perlengkapan yang harus dibawa oleh tiap anggota Pramuka (individu), regu,
satuan, maupun unit. Sebelum pemberangkatan Pembina mengadakan penjelasan
materi dan jadwal kegiatan, serta cara-cara menghindari kecelakaan; kalau perlu
diadakan training atau simulasi kegiatan sebelumnya untuk kegiatan yang
dianggap beresiko tinggi. Pembina sebelum memberangkatkan regu/satuan telah
membagi tugas bagi para Pembantu Pembina untuk
menjaga pos-pos, mendampingi regu, dan mempersiapkan pengamanan. (3) Pelaksanaan: Pembina melakukan briefing
kegiatan yang berisikan apa-apa yang harus dilakukan, dan apa-apa yang tidak
boleh dilakukan, atau harus dihindari. Selanjutnya mengajak anggota untuk
berdoa, kemudian memberangkatkan. (4) Evaluasi-pengawasan.
Mengingat bahwa kegiatan di alam terbuka mengandung banyak resiko, maka
Pembina hendaknya selalu memantau jalannya kegiatan. (5) Debrief. Selesai kegiatan Pembina hendaknya menanyakan kepada
peserta kegiatan mengenai jalannya kegiatan, menanyakan manfaat apa yang
diperoleh dari kegiatan tersebut, mengucapkan selamat dan terimakasih, serta
memberikan reward bagi peserta yang memiliki prestasi dalam kegiatan tersebut.
6. Manfaat kegiatan di alam terbuka bagi
Pembina Pramuka, di antaranya ialah:
a. dapat
menyajikan kegiatan yang
menantang, sesuai dengan kebutuhan peserta didik;
b. tercipta
kegiatan yang dapat menjadi media pendidikan/penanaman Prinsip Dasar
Kepramukaan dan Kode Kehormatan;
c. peserta
didik tidak jenuh dalam mengikuti kegiatan;
d. alam
terbuka merupakan referensi yang sarat dengan materi pendidikan, di antaranya
pendidikan berbangsa dan bernegara kedisiplinan, kelestarian alam dan
lingkungan hidup, keprasahajaan hidup,
tata krama pergaulan dan keimanan kepada Tuhan Yang Esa.;
e. terciptanya
kegiatan yang edukatif, kreatif dan rekreatif.
6. Hal-hal yang akan diperoleh peserta didik
dari kegiatan di alam terbuka antara lain ialah :
a. meningkatkan kesadarannya bahwa sebagai individu
kita masih memerlukan bantuan orang lain;
b. terlatih untuk cepat dan tepat dalam
mengatasi masalah.;
c. sadar bahwa dalam bergaul harus dapat
menyesuaikan diri, saling menghormati, saling tukar menukar pendapat, dan tidak
dapat bertingkah laku semaunya sendiri;
d. sadar bahwa diperlukan belajar terus,
kreatif dan inovatif;
e. timbulnya kesadaran cinta alam, kelestarian
alam dan lingkungan hidup;
f. meningkat kepeduliannya kepada tanah air,
nusa dan bangsa;.
g. menyadari atas keagamaan Tuhan, meningkat
keimanan dan ketaqwaannya kepada Tuhan YME.
7. Macam-macam kegiatan yang dapat dilakukan di
alam terbuka. Pada umumnya semua kegiatan dapat dilakukan di alam
terbuka, di antaranya:
a. Permainan; permainan yang dapat
mengembangkan.
1) daya fantasi anak;
2) daya kreativitas anak;
3) ketrampilan berfikir;
4) ketrampilan pisik;
5) keberanian;
6) rasa percaya diri;
7) kepekaan emosi;
8) tolong-menolong
9) kemampuan bergaul.
b. Bercerita
dan menyanyi dengan melibatkan alam terbuka = tumbuh - tumbuhan, kehidupan
binatang, gunung, laut dsb.
c. Ketrampilan Kepramukaan (Scouting Skill), di
antaranya :
1) pionering;
2) Pertolongan Pada Kecelakaan;
3) sandi - isyarat = semaphore, morse, sandi,
tanda jejak dsb;
4) membuat panorama/ sketsa;
5) membuat peta = peta pita, peta medan dll;
6) menggunaan kompas; navigasi
7) mengenal tanda-tanda alam;
8) menaksir = lebar sungai, tinggi
pohon/batang.
d. Penjelajahan, lintas alam, pengembaraan,
kegiatan-kegiatan olah-raga.
e. Penelitian-penelitian sederhana.
f. Berkemah.
g. Teknologi tepat guna
h. Mengenal flora dan fauna serta
pelestariannya.
III. PENUTUP
1. Alam terbuka merupakan sarana pendidikan
totalitas pada peserta didik yang efektif dan efisien.
2. Peserta didik yang oleh Pembinanya selalu
diajak bergiat dialam terbuka yang menantang
(dan terjamain keamananya) akan terbina sikap mentalnya, kepeduliannya,
ketagguhan jiwanya, ketangkasan dan ketrampilan kepramukaannya, kreativitasnya.
pisiknya emosinya, intelektualnya, ketakwaan dan keimanannya kepada Tuhan YME.
3. Kegiatan di alam terbuka yang menantang yang
dipersiapkan dengan baik dan terjaga kemanannya, akan dapat memberikan
kebanggaan diri serta rasa percaya diri
pada peserta didik.
4. Kegiatan kepramukaan seyogyanya dilakukan di
alam terbuka agar peserta didik tidak jenuh dan bosan berlatih, karena kegiatan
di alam terbuka merupakan kegiatan yang
menantang, menarik, menyenangkan dan mengesankan.
5. Kegiatan di alam terbuka mendidik peserta
didik cinta alam dan bertanggungjawab serta ikut bertindak untuk menjaga
kelestarian alam dan lingkungannya.
MENGENAL KEGIATAN DI ALAM TERBUKA DALAM KEPRAMUKAAN
Reviewed by Unknown
on
22.24
Rating:
Tidak ada komentar: