A. Administrasi
Gugusdepan
Administrasi gudep dilaksanakan sebagai upaya untuk
memberikan pedoman dan arah pembina mengelola gudep dan melatih dasar-dasar
tata usaha kepada peserta didiknya.
Gudep sebagai pusat gerak dan wadah pembinaan pramuka perlu
adanya dukungan administrasi secara tertib namun sederhana. Agar pelaksanaan
administrasi dapat teratur, tertib dan berkesinambungan diperlukan buku-buku
catatan seperti permintaan pendaftaran anggota, daftar induk, administrasi
keuangan, inventarisasi, buku tamu, laporan semester, logbook, program kerja tahunan, program kerja 4 bulanan, dan
catatan pribadi anggota.
1. Kelengkapan
Administrasi Gugusdepan
a.
Permintaan Pendaftaran Anggota
Permintaan
Pendaftaran Anggota merupakan surat/blangko pengajuan orang tua untuk
mendaftarkan anaknya agar diterima sebagai anggota gugusdepan. Permintaan
pendaftaran dilampiri dengan Formulir Pendaftaran Anggota. Formulir pendaftaran
memuat nama dan data pribadi calon anggota.
b.
Daftar
Induk Anggota Gugusdepan
Daftar
Induk Anggota Gugusdepan merupakan data utama kanggotaan yang memuat Nomor
Tanda Anggota (NTA), nama beserta data pribadi anggota sesuai formulir
pendaftaran.
c.
Administrasi
Keuangan Gugusdepan
Administrasi
Keuangan Gugusdepan merupakan catatan penerimaan dan pengeluaran gugusdepan
selama satu bulan. Pencatatan meliputi waktu pegeluaran uang, keperluan
penggunaan uang dan tanda bukti pengeluaran/penggunaan.
d.
Daftar
Inventaris Gugusdepan
Daftar
inventaris gugusdepan merupakan pencatatan barang milik gugusdepan yang memuat
spesifikasi, jumlah, asal-usul dan keterangan kondisi barang.
e.
Buku
Tamu Gugusdepan
Buku
tamu gugusdepan berisi catatan nama, asal-usul dan tujuan tamu/ pengunjung.
f.
Laporan
Semester Data dan Kegiatan
Laporan
semester merupakan laporan gugusdepan yang memuat keadaan gugusdepan pada
semester tertentu mencakup keanggotaan, kegiatan dan keuangan gugusdepan.
g.
Catatan
Peristiwa Penting (Logbook)
Logbook
merupakan catatan gugusdepan yang memuat peristiwa dalam bentuk tulisan,
gambar, kliping berita, dan semua peristiwa yang berkaitan dengan kegiatan
sejak didirikannya gugusdepan tersebut.
h.
Program
Kerja Tahunan Gugusdepan
Program
kerja tahunan berisi rencana kegiatan latihan peserta didik, kegiatan bersama,
pendidikan dan pembinaan anggota dewasa, sarana dan prasarana dan bidang
keuangan gugusdepan selama satu tahun.
i.
Program
Kerja 4 Bulan Perindukan Siaga
Program
kerja 4 bulan perindukan siaga berisi rencana kegiatan tentang latihan
pencapaian SKU, latihan dan pencapaian SKK, penyiapan Pramuka Siaga Garuda,
kenaikan golongan penggalang, Perkemahan Siang Hari (Persari), Permainan Besar
Siaga, dan lain-lain.
j.
Program
Kerja 4 Bulan Pasukan Penggalang
Program
kerja 4 bulan pasukan penggalang berisi rencana kegiatan tentang latihan
pencapaian SKU, latihan dan pencapaian SKK, penyiapan Pramuka Penggalang
Garuda, Gladian Pemimpin Regu, perkemahan, lomba tingkat, dan lain-lain.
k.
Catatan
Pribadi Anggota Gugusdepan
Catatan
pribadi anggota merupakan catatan yang memuat data pribadi yang memuat
sifat-sifat pribadi pramuka yang bersangkutan yang dapat dikembangkan/dipertahakankan
serta kegiatan dan pencapaian SKU serta kenaikan golongannya.
Pelaksanaan
administrasi gugusdepan tidak semata-mata dilaksanakan oleh pembina gugusdepan,
namun dapat memberi wewenang kepada pembantu pembina dan pratama. Pratama
diberi kepercayaan untuk mengisi Buku Log Tabungan dan Iuran, sedangkan daftar
hadir latihan dipercayakan kepada Pimpinan Regu.
2. Pelaporan Gugusdepan
Gudep memberi laporan data keanggotaan secara berkala kepada
Kwarran dengan tembusan kepada Kwarcab tentang perkembangan gudepnya. Laporan
berkala disampaikan setiap bulan Oktober,
dengan tembusan Kwarcab, Kwarda dan Kwarnas.
Setiap tahun pada bulan Januari, gudep harus mendaftarkan
kembali dengan menyerahkan laporan tahunan kepada Kwarcab melalui Kwarran.
Gudep yang telah mendaftarkan kembali akan diberikan Tanda Pendaftaran Ulang
oleh Kwarcab.
B. Publikasi Gugusdepan
Publikasi merupakan
sarana untuk mengenalkan atau mempromosikan gugusdepan kepada masyarakat.
Publikasi menyangkut semua aspek gudep, baik domisili, keanggotan maupun
kegiatannya. Dengan terpublikasikannya gugusdepan, maka masyarakat mendapat akses untuk mendukung keberadaan
gugusdepan tersebut.
Publikasi selain
sebagai sarana untuk menarik simpati publik juga sebagai upaya pendidikan bagi
anggotanya.
Sarana publikasi melalui
media massa baik elektronik (radio, televisi), media cetak (majalah, surat
kabar, majalah dinding) dan membuat jejaring sosial (facebook, twitter, blog).
ADMINISTRASI DAN PUBLIKASI GUGUS DEPAN
Reviewed by Unknown
on
10.48
Rating:
Tidak ada komentar: